INTERNET DAPAT MENYIPAN DATA


Di zaman yang serba elektronik seprti saat ini, tidak hanya dalam bentuk flashdisk atau perangkat-perangkat lainnya yang dapat menyimpan data berupa gambar, music, bahkan file sekalipun. Internet juga dapat menyimpan file-file yang kita inginkan dengan kapasitas ruang yang tidak sedikit, karena internet mempunyai layanan berupa File Transfer Protocol (FTP). FTP adalah layanan yang memungkinkan pengguna si Internet untuk  mengupload (menyimpan/unggah) atau kegiatan mentransfer file dari satu komputer server web dan mendownload (mengambil/unduh) atau kegiatan mengambil file dari server web dan atau mentransfer file dari komputer ke komputer lain.

Di dalam internet juga banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan menyimpan data yang diinginkan seperti google drive, SkyDrive, Box, soundcloud, ZipCloud, dan lainnya. Dengan menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut, kita dapat dengan mudah menyimpan data tanpa harus takut hilang karena virus atau gangguan lainnya. Selain itu, dapat diakses dari mana pun dan kapan pun selama masih ada koneksi internet, bahkan tak perlu membayar biaya apapun kita dapat memanfaatkan kapasitas internetan sepuas kita. Tapi, untuk kapasitas lebih, pengguna memang biasanya ditarik biaya.

Cara penyimpanan yang mudah melalui google drive, yaitu

  1. Anda harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Untuk memudahkan menyimpan data Jika belum, maka Anda wajib membuatnya.
  2. Login email, lalu Klik : Drive, kemudian Install. Otomatis Google akan membuatkan Google Drive untuk kita.
  3. Google Drive siap digunakan. Buat nama folder yang dapat cukup menjelaskan isi data di dalamnya.
  4. Perhatikan di bawah layar komputer Anda, ada tanda jajaran genjang seperti simbol mirror. Klik tanda tersebut, dan klik lagi pada Google Drive Folder.
  5. Pilih file yang dinginkan back up dengan cara : cut ( gunting ) dan pindahkan pada Google Drive Folder. Karena jika kita memilih menu : copy, maka efeknya kita akan mempunyai file ganda pada komputer. Tentunya ini menjadi tidak efektif dan memakan tempat (memory hardisk).
  6. Setiap file yang dimasukkan ke Google Drive Folder, ia akan di-mirror ke Google Drive on the web kita secara otomatis. Waktu sinkronisasi tergantung besar kecilnya file.
  7. Kita bisa mengeceknya dengan masuk ke Google Drive on The Web kita. Tekan refresh jika file yang dimaksud belum juga muncul di sana.
  8. Untuk berbagi file/folder dengan teman, klik file/folder yang dipilih.
  9. Arahkan kursor pada simbol orang di atas, lalu masukkan alamat email teman kita, lalu kirim. Kita dapat menentukan, apakah si penerima hanya bisa membaca saja, atau dapat turut merubah/mengedit file kita.
  10. Si penerima akan mendapat email pemberitahuan, bahwa ada dokumen yang dibagikan. Kini ia dapat melihat file dalam Google Drive kita, sesuai data mana yang kita tentukan.:

http://teknologi.kompasiana.com/internet/2013/02/14/menyimpan-data-di-google-drive-533463.html

http://netsains.net/2013/07/berkenalan-lebih-jauh-dengan-internet/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s